Tips & Trik

.:: Jackmedia Total Solution For Web ::.

Menghindari Spam

Anda pasti sudah sangat familiar mendengar kata SPAM, siapa saja pasti akan kesal dengan keberadaan e-mail sampah alias spam yang kerap memenuhi inbox. Pengguna e-mail seolah dibuat semakin merasa tidak nyaman lantaran makin menggilanya penyebaran spam seperti ini. Belum lagi ancaman program jahat yang kerap disertakan lewat spam tersebut.

Spam mungkin akan sulit dikendalikan penyebarannya, tapi pastinya bisa dikurangi peredarannya. Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi jumlah e-mail spam yang masuk ke inbox.
  1. Cobalah untuk tidak memajang alamat e-mail Anda ke publik. Pasalnya, spammer kerap memanfaatkannya untuk memanen alamat-alamat e-mail, yang nantinya akan digunakan untuk mendistribusikan pesan spam.
  2. Cek kebijakan privasi situs ketika Anda akan menginputkan alamat e-mail ke sebuah situs. Jika memungkinkan, jangan masukkan alamat e-mail Anda ke situs-situs yang tidak menyediakan perlindungan privasi.
  3. Baca dan pahami setiap form yang Anda terima sebelum mengirimkan informasi pribadi Anda melalui situs.
  4. Ada baiknya Anda menggunakan dua alamat e-mail, yang satu dipakai untuk pesan pribadi dan yang satunya lagi untuk keperluan umum seperti newsgroup dan chat room.
  5. Pakai alamat e-mail yang unik. Pilihan alamat e-mail kemungkinan besar akan berpengaruh pada jumlah spam yang Anda terima. Spammer biasanya menggunakan “dictionary attacks” untuk mencari kombinasi nama yang memungkinkan di ISP atau layanan-layanan email, dengan tujuan untuk mendapatkan alamat e-mail yang valid. E-mail dengan alamat “jdoe” kemungkinan akan mendapatkan spam lebih banyak ketimbang e-mail dengan alamat unik seperti “jd51x02oe“. Namun di lain sisi, memang akan sulit mengingat alamat e-mail seperti itu.
  6. Gunakan tools anti-spam untuk mencegah e-mail spam membanjiri inbox Anda.
  7. Laporkan dan kirim salinan e-mail spam yang Anda terima ke ISP Anda. Dengan begitu, ISP bisa mengetahui keberadaan spam yang mengganggu sistem Anda dan akan mencoba memblokirnya.

Semoga bermanfaat…. :D

Categories: Artikel & Tutorial